Trend Pencarian Google Tahun 2020, Apa Itu Ghosting?

trend-google-pencarian-indonesia-2020

Tahun 2020 merupakan tahun yang terkesan panjang dan melelahkan, banyak kejadian yang mengubah cara hidup bahkan nasib seseorang. Ada juga berita kontroversial, mulai dari panggung politik, dunia artis, drama Korea, hingga kematian orang terkenal dan berpengaruh. Google sudah merangkum trend pencarian di dunia, khususnya Indonesia sepanjang tahun 2020. Ternyata banyak hal yang sebelum tidak disangka-sangka masuk menduduki puncak pencarian di Google. Berikut adalah Trend Pencarian Google Tahun 2020, Apa Itu Ghosting?

Head Consumer Marketing Google Indonesia, Fida Heyder, mengatakan bahwa kata kunci dalam daftar top pencarian di Google tahun 2020 ini sudah disaring listnya untuk dibedakan dengan kata kunci tahun lalu. 

1. Kata Pencarian Trending Google Indonesia selama 2020

Anak muda sedang mengandrungi istilah ghosting, tidak jarang juga kata tersebut digunakan dalam sosial media. Kata ghosting ini pun memancing penasaran dari banyak orang. Arti kata ghosting adalah si gebetan (orang yang kita taksir) atau yang sedang dekat sama kita tiba-tiba menghilang begitu saja bagaikan hantu, padahal sebelumnya sering berkomunikasi dengan kita.

 illustrasi-ghosting-apa-itu-ghosting

Selain ghosting, kata seperti Apa itu Gabut, Lockdown, dan Rebahan menjadi top pencarian di Google selama 2020. WFH, Resesi, Kuota Belajar, Virus Corona, PSBB, hingga game viral Among Us juga masuk sebagai pencarian terbanyak di Indonesia.

2. Film dan Serial TV Trending Google Indonesia selama 2020

Film dan serial tv yang masuk ke dalam pencarian terbanyak pertama adalah Tilik (2018). Dan pemeran utamanya Bu Tejo, menjadi trending di Twitter pada Agustus 2020 lalu. Film ini mengisahkan tentang serombongan Ibu-Ibu yang berniat untuk mengunjungi Bu Lurah di Rumah Sakit menggunakan truk dan berakhir dengan gosip tentang Dian yang merupakan kembang desa disana. Film Tilik merupakan produksi lokal kota DIY Yogyakarta dan mendapat penghargaan Piala Maya 2018 dengan kategori Film Cerita Pendek Terpilih. 

tilik-film-pendek-2018-trending-google

Film dan serial tv yang mengikuti daftar trending pencarian Google di selama tahun 2020 adalah Crash Landing on You, Milea, The World of The Married, Mariposa, Mulan, Money Heist, It's Okay Not To Be Okay, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, dan Bucin.

3. Masak Sendiri di Rumah, Trending Resep Google Indonesia selama 2020

WFH dan lockdown saat awal menghadapi pandemi Covid-19, membuat sebagian orang yang terbiasa untuk membeli makanan dari luar, mencoba membuat masakan sendiri. Berbagai pencarian resep masakan pun mengalami kenaikan pencarian daripada tahun sebelumnya. Belum lagi ditambah Dalgona Coffee yang sempat viral dan Odading yang sebenarnya adalah kue bantal yang sudah ada sebagai kue tradisional.

Tetapi kedua resep itu dikalahkan dengan pencarian resep donat. Tidak disangka pencarian resep donat menduduki peringkat pertama makanan yang ingin dibuat sendiri di rumah. Bakso Mercon, Rendang Sapi, Nastar, Martabak Teflon, Pie Susu Teflon, Pempek DOS, dan Pizza Rumahan juga menjadi sepuluh besar trending pencarian Google Indoensia selama 2020.

donat-donut-trending-pencarian-google-2020

Selain 3 tadi masih ada peringkat sepuluh besar terbanyak Siapa pencarian terpopuler, Kepergian Tokoh, Lirik Lagu, Berita, dan Bagaimana Cara yang sudah dirangkum Google selama 2020. Kamu bisa melihatnya di link berikut: Trend Pencarian Google Tahun 2020.

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment