Tips Puasa Lancar Sebulan Penuh Tetap Sehat

Tips Puasa Lancar Sebulan Penuh Tetap Sehat

tips-puasa-lancar-sebulan-penuh-tetap-sehat-mineola

Tidak terasa ya kita sudah memasuki bulan Ramadan di tahun 2021 ini. Pastinya Teman Mineola yang menjalankan puasa ingin tips gimana supaya puasanya lancar sebulan penuh dan tetap sehat. Terlebih lagi di masa pandemi ini, Teman Mineola yang memiliki banyak aktivitas di luar, perlu ekstra hati-hati dan kesabaran tinggi. Yuk, langsung aja simak tips-tips puasa lancar sebulan penuh tetap sehat dari Mineola.

Perhatikan Porsi Makan

perhatikan-porsi-makan-tips-puasa-lancar-sebulan-penuh

Sering kita mengira bahwa kenyang adalah dengan makan yang banyak, harus pakai nasi, dan minum yang manis. Namun ternyata makan yang banyak tidak berarti kenyang dan sehat, lho. Terlalu banyak mengkonsumsi nasi (karbohidrat), gorengan (minyak) justru membuat kita lebih cepat gemuk dan jadi mager (malas gerak). 

Terus gimana dong? Untuk berbuka puasa, Teman Mineola dapat mencoba dengan mengkonsumsi buah-buahan atau kurma dan minum air. Kemudian melaksanakan sholat tarawih baru dilanjutkan dengan makanan lain. Apakah cukup? Cukup karena setelah mengkonsumsi kurma dan buah-buahan, kita merasa lebih segar dan tubuh kita pun sudah mengingat buah-buahan atau kurma sebagai makanan dan tidak merasa kelaparan.

Makan Buah-buahan Ini

makan-buah-buahan-tips-puasa-tetap-sehat

Setelah berpuasa seharian, kita mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi, kelelahan, mood swing, karena kurang minum air. Supaya tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurang minum air (sakit kepala, batu ginjal, dan sembelit), asupan air harian kita dapat dipenuhi saat berbuka puasa dan sahur. Berikut makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi yang sebaiknya dikonsumsi:

1. Belewah
2. Semangka
3. Mentimun
4. Tomat
5. Kelapa
6. Stroberi

Utamakan Sahur

utamakan-makan-sahur-tips-puasa

Siapa hayo yang suka malas sahur? Memang bangun pagi adalah hal yang sangat, sangat sulit bagi sebagian orang. Ada juga yang merasa tidak biasa sarapan atau tidak berselera makan di pagi hari. Namun apabila kamu mengutamakan sahur dalam puasa, kamu akan menjadi lebih berenergi selama beraktivitas dan dapat menjadi lebih kuat untuk melanjutkan puasa di hari berikutnya. 

Kalau sulit bangun pagi, kamu dapat menyetel alarm dan sebagai bonus bangun pagi, kamu dapat memberikan reward atau hadiah kepada diri sendiri. Dengan demikian, selama 20 hari ke depan harapannya kamu akan dapat terbiasa bangun pagi untuk sahur.

Bagi yang tidak berselera makan di pagi hari, kamu dapat makan sahur dengan makanan yang kamu suka, minuman manis saat awal-awal. Setelah tubuh mulai terbiasa untuk makan di pagi hari, kamu dapat lebih memperhatikan menu makanan sahur yang lebih bergizi, seperti biji-bijian, buah, sayuran, lemak dan protein yang cukup.

Konsultasi ke Dokter Bila Perlu

Apakah kamu memiliki kenalan atau keluarga yang memiliki masalah kesehatan, seperti hipertensi, maag atau asam lambung, serta diabetes? Dalam berpuasa, sebaiknya tetap memperhatikan kondisi kesehatan dan menjaga menu makanan. 

utamakan-makan-sahur-tips-puasa

Jika terdapat kondisi kesehatan yang tidak biasanya, Teman Mineola dapat merekomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter mengenai apa saja yang harus dilakukan agar tetap dapat berpuasa. 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment