Tips Psikologi yang Buat Hidup Lebih Nyaman

Tips Psikologi yang Buat Hidup Lebih Nyaman

tips-psikologi-yang-buat-hidup-lebih-nyaman

Dunia psikologi memang menarik, mempelajari bagaimana kita dapat melakukan sesuatu hal, merasakan sedih, bahagia dan sebagainya. Saat kita mengetahui rahasia psikologi dalam diri manusia, maka dapat dipergunakan untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik. Apakah Teman Mineola tertarik untuk mengaplikasikan trik psikologi dalam kehidupan sehari-hari? Kalau ya, maka simak tips psikologi yang buat hidup lebih nyaman ala Mineola.

1. Alihkan Pikiran, Tenangkan Dirimu

Pernahkah kamu mendengar cerita penipuan yang meminta uang dengan alasan anggota keluarganya kecelakaan dan masuk rumah sakit? Anggota keluarga yang ditelepon dibuat seakan-akan tidak ada pilihan dan dikejar untuk mentransfer sejumlah uang apabila ingin segera ditangani.

tips-psikologi-buru-buru-jernihkan-pikiran

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan rahasia psikologi ini, karena kita cenderung mengambil keputusan yang salah dan kemungkinan besar disesali saat mengambil keputusan dengan buru-buru. Kita tidak diberi waktu untuk berpikir jernih dan berpikir ulang.

Oleh sebab itu, saat berada di situasi yang menuntut kita untuk terburu-buru, lebih baik untuk kabur sejenak dari orang tersebut dan berpikir ulang, serta jernih. Atau kamu dapat menanyakan pendapat ke orang terdekat dan mengkonfirmasinya.

2. Ngobrol Berat Jadi Enak

Teman Mineola, pernah kah kamu berhadapan dengan situasi dimana kamu harus menyampaikan sesuatu yang berat atau dapat membuat orang tersebut marah? Apalagi dengan teman kantor atau bawahan, misalkan saja ingin mengatakan bahwa bawahan kamu underperform dan tidak lanjut untuk masa percobaannya.

tips-psikologi-cafe-agresif-ngobrol

Kamu dapat mencoba untuk mengajaknya berbicara di tempat-tempat santai, seperti cafe atau taman. Hal ini untuk menghindari dia bersikap agresif karena sekelilingnya adalah benda-benda yang netral. Oleh sebab itu, mungkin kamu pernah menjumpai atasan atau manajer yang mengajak bawahannya ngopi-ngopi untuk menyampaikan kritik dan saran atas kinerja bawahannya.

3. Jadi Ingat Kunci Pintu

Hal-hal rutin yang kita kerjakan kadang dilakukan secara autopilot oleh otak kita, buktinya saat pertama membawa kendaraan kita stress dan seperti robot yang harus mengingat apa yang harus dilakukan untuk parkir, belok, berhenti dan sebagainya. Tetapi seiring berjalannya waktu, kita tidak perlu berpikir sekeras itu untuk menyetir bukan?

Begitu juga dengan mengunci rumah, karena setiap hari kita keluar rumah untuk bekerja atau beraktivitas, maka kegiatan mengunci rumah juga akan diingat otak kita dan diprogram untuk autopilot. Yang menjadi masalah adalah saat kita tidak ingat apakah pintu pagar sudah dikunci atau belum. 

tips-psikologi-ingat-kunci-rumah

Cobalah dengan mengucapkan dua kata aneh (tidak biasa) saat Teman Mineola mengunci rumah. Contohnya, saat mengunci rumah ucapkan kata Gajah Pink. Otak kita akan menyimpan hal tersebut sebagai hal yang aneh dan akhirnya pun kita ingat bahwa kita telah mengunci rumah.

Itu tadi 3 tips psikologi yang buat hidup lebih nyaman, semoga artikel ini dapat membantu Teman Mineola yaa. Kamu juga bisa share artikel ini supaya teman-teman dan kerabat jadi tahu informasi ini.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment