Tips Pilih Sunscreen yang Cocok Untuk Kamu

Tips Pilih Sunscreen yang Cocok Untuk Kamu

tips-memilih-sunscreen-yang-cocok

Kita sudah memasuki PSBB New Normal nih, pastinya kamu bakal sering keluar untuk kerja atau beraktivitas. Apabila keluar rumah selain membawa masker dan hand sanitizer, hal yang tidak kalah penting untuk dibawa adalah sunscreen. Kenapa harus dibawa? Karena walaupun kita sudah mengaplikasikannya saat pagi hari, sunscreen tersebut akan meresap dalam kulit kita dan kehilangan efektivitasnya. Oleh karena itu kamu perlu mengoleskannya kembali di siang hari atau sore saat mau pulang ke rumah. Mineola punya tips bagaimana memilih sunscreen yang cocok untuk kamu.

1. Harus Nyaman Dipakai

Iklim dan cuaca di Indonesia yang lembab dan panas, salah-salah memakai produk skin care atau make up yang tidak cocok dengan kondisi kulit dapat memperparah kondisi kulit. Begitu pula memakai sunscreen. Memakai sunscreen yang bertekstur tebal dan melembabkan cocok untuk tipe kulit yang kering. Sedangkan apabila kulit tipe berminyak, cobalah untuk mencari sunscreen dengan tekstur yang ringan. Apabila kamu tidak yakin dengan kondisi kulitmu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau menanyakan orang terdekat kamu yang memiliki tekstur kulit sejenis.

nyaman-dipakai-sunscreen

2. Lolos Uji Klinis

Lolos uji klinis berarti produk yang dijual telah lolos dalam penelitian klinis, dan teruji bahwa produk tersebut aman dikonsumsi atau dipakai. Kamu bisa dengan mudah membedakan sunscreen yang aman dipakai dengan mencari kode BPOM pada kemasannya. Kode BPOM dapat kamu verifikasi lagi kebenarannya pada link berikut. (https://cekbpom.pom.go.id/)

3. Hindari Memakai Suncreen yang Jadi Satu Dengan Pelembab atau Make Up

Memakai sunscreen yang jadi satu dengan pelembab atau produk make up memang tidak ada salahnya. Tetapi yang dikhawatirkan adalah apakah sunscreen yang terkandung di dalamnya mumpuni untuk melindungi kulit dari sinar matahari. dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, yang dikutip dalam womentalk, mengatakan bahwa kita perlu memakai sunscreen dengan takaran sebesar koin untuk wajah dan leher. Pakaikan juga daerah telinga dan belakang. Jangan terlalu sedikit karena hasilnya tidak akan maksimal. Jadi untuk mencukupi kebutuhan sunscreen, kita tidak dapat memakai banyak pelembab hanya karena ada sunscreen dalam pelembab itu. Terlalu banyak porsi pelembab atau make up yang dipakai demi sunscreen, mempengaruhi kondisi kesehatan kulit.

pelembab-sunscreen-spf-pa

4. Waterproof

Cuaca yang lembab dan panas dapat membuat kita berkeringat. Keringat tersebut akan muncul juga di daerah wajah. Begitu juga dengan sebum yang ada di pori-pori wajah. Anjuran untuk memakai sunscreen yang waterproof juga supaya sunscreen dapat bertahan lebih lama saat terkena keringat dan sebum.

5. Kandungan SPF dan PA++

Sebelum melanjutkan, mari kita kupas perbedaan SPF dan PA++. SPF (Sun Protector Factor) mampu menahan sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar matahari dan kemerahan. Dokter kulit asal Amerika, James Spencer, mengatakan, SPF 15 dapat menghalangi 94% sinar UVB, SPF 30 dapat menghalangi 97%, SPF 45 dapat menghalangi hingga 98% sinar UVB. SPF lebih dari  45 tidak bermanfaat lagi perlindungan sunscreen tidak dapat mencapai 100%. PA++ (Protection Grade UVA)  yang kamu lihat di kemasan sunscreen, melindungi kulit dari sinar UVA. Tanda tambah dalam PA menandakan seberapa banyak perlindungan dalam produk sunscreen tersebut. PA+ berarti sedikit perlindungan UVA, PA++ berarti cukup perlindungan UVA, PA+++ tinggi perlindungan UVA dan PA++++ sangat tinggi perlindungan UVA.

arti-spf-pa-sunscreen

Kandungan SPF dan PA sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas kamu, kalau kamu sering terpapar sinar matahari dengan intensitas yang besar, kamu bisa memilih SPF yang tinggi dan PA++++.

Nah, sekarang Teman Mineola sudah tau bagaimana cara memilih sunscreen yang sesuai dengan tipe kulitmu dan aktivitas sehari-hari kamu. 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment