Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

 cara-menjaga-kesehatan-mental-masa-pandemi

Teman Mineola, isu kesehatan mental memang sedang gencar-gencarnya. Sebagian masyarakat mulai menyadari bahwa hal tersebut merupakan hal penting yang harus dijaga, sama hal nya dengan kesehatan tubuh. Apalagi saat kondisi pandemi seperti sekarang, kita yang diharuskan tinggal di rumah dan melakukan protokol kesehatan yang begitu ketat setiap saat, tentu terkadang merasa stress.

Sosialisasi dengan teman atau kerabat pun harus dikurangi, bahkan keinginan untuk berlibur harus dipendam dulu. Bisakah kita tetap waras hanya dengan tinggal di dalam rumah? Tentu saja bisa dan harus. Karena kondisi kesehatan mental kamu sekarang akan mempengaruhi kondisi imun tubuhmu. Sehingga agar terhindar dari resiko Covid-19 tentunya mental adalah hal paling dasar yang harus dikendalikan.

Nah Teman Mineola, Mineola punya beberapa tips penting nih guna menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Simak yuk!

kesehatan-mental-pandemi-covid-19

1. Diet Media, Stop Konsumsi Berita!

Mineola paham kok, kalau informasi seputar pandemi adalah hal penting. Karena mineola juga membutuhkan berita pandemi terupdate.  Namun sebaiknya kamu tidak setiap saat mengikuti selama 24 jam. Tahu nggak sih, kalau berita buruk yang terus dikonsumsi malah bisa memberikan dampak negatif pada mentalmu.

Perasaan was-was hingga paranoid akan muncul. Membuatmu merasa takut berlebihan, kamu tidak bisa rileks karena memikirkan hal yang belum tentu terjadi pada dirimu. Sebaiknya kamu mulai melakukan diet media. Boleh memeriksa berita, namun hanya sesekali saja untuk mengetahui bagaimana perkembangannya.

Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu tetap berpikiran positif meskipun harus tinggal di dalam rumah. Seperti membaca buku, menonton film atau mendengarkan musik.

 Hubungi-kerabat-teman-saat-stress-pandemi

2. Bila Merasa Stress, Hubungi Kerabat atau Teman

Sebelum pandemi, kita terbiasa mengobrol secara langsung dengan kerabat atau teman. Namun saat masa pandemi, kita diharuskan tinggal di dalam rumah, tidak melakukan sosialisasi hingga bersentuhan. Kebutuhan berbicara pun menjadi tidak terpenuhi, padahal manusia memiliki Batasan kata yang harus dikeluarkan setiap harinya. Misal, untuk wanita minimal 20 ribu kata per hari.

Teman Mineola, agar kamu tidak merasa stress sebaiknya kamu memanfaatkan smartphone kamu, hubungi teman atau kerabat. Kalau jauh dari orang tuamu dan merasa rindu, cobalah video call. Setidaknya itu bisa sedikit membantu.

3. Perhatikan Makanan dan Waktu Tidur

Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa makan dengan baik bisa mempengaruhi perkembangan sel otak kita. Khususnya otak yang berkaitan dengan pengaturan suasana hati. Oleh sebab itulah, saat masa pandemi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang baik. Perbanyak sayur dan buah, asupan anti-inflamasi pun bisa mencegah terjadi depresi.

Selain makan, waktu dan pola tidur pun harus tetap teratur ya. Jangan karena kamu stay at home dalam waktu lama, kerja dalam rumah atau sekolah dalam rumah malah membuatmu seenaknya dengan waktu. Lakukan pola tidur seperti biasa saat kamu beraktivitas normal. Ini akan membantu harimu bisa lebih produktif dan kesehatan mental semakin terjaga.

 meditasi-jaga-mental-saat-pandemi

4. Lakukan Meditasi

Ada satu meditasi yang dianjurkan oleh psikolog guna menjaga titik fokus hidup selama masa pandemi. Yaitu mindfullness breathing, sebuah terapi yang dilakukan dengan cara memfokuskan meditasi pada nafas. Kamu bisa duduk bersila, lalu pejamkan mata, atur nafas dan fokuskan pikiran Lakukan selama 5 menit, setiap hari. Akan lebih baik dilakukan saat pagi dan malam hari. 

Oke Teman Mineola, itulah beberapa tips dari Mineola untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Jangan lupa selalu menjalani protokol kesehatan ya, apalagi saat kita hendak pergi ke luar rumah. Melindungi diri lebih baik dibandingkan harus terinfeksi virusnya kan? Yuk tetap waras di masa pandemi!

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment