Tips Mengurangi Rambut Rontok, Manjur dan Simpel

Tips Mengurangi Rambut Rontok, Manjur dan Simpel

tips-mengurangi-rambut-rontok-manjur

Rambut rontok sebenarnya adalah proses normal penggantian rambut, dari rambut yang lama lalu tumbuh dengan rambut yang baru. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kerontokan rambut yang lumayan banyak dan pertumbuhan rambut baru yang membutuhkan waktu hingga 1 tahun.

Tahukah kamu kalau pada kondisi normal, rambut yang rontok adalah sekitar 50 - 100 helai rambut. Tidak perlu dihitung, cukup kira-kira saja, kalau rambut kamu rontok hingga menggumpal dalam tangan, kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk mencoba tips dari Mineola, Tips Mengurangi Rambut Rontok yang Manjur dan Simpel.

1. Memperhatikan asupan protein

asupan-protein-rambut

Protein adalah zat yang sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut, sehingga ketika tubuh kekurangan protein, pertumbuhan rambut pun juga melambat dan bisa terhenti. Menurut Reva Cochran, ahli diet di Dallas, Texas dan juga bekerja di Departemen Pertanian AS, wanita membutuhkan paling sedikit 46 gram protein per harinya.

Selain dari daging, protein juga bisa didapat dari kacang-kacangan dan juga telur. Memastikan tubuh kamu memenuhi kebutuhan protein per harinya, rambut kamu juga akan terpenuhi kebutuhannya untuk terus bertumbuh.

2. Menambah zat besi yang dibutuhkan rambut

zinc-zat-besi-pertumbuhan-rambut

Apabila kamu adalah seorang vegetarian atau sedang melakukan diet daging, bisa jadi kamu kekurangan zat besi yang dibutuhkan rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok, karena zat besi yang menjaga kekuatan akar rambut.

Makanan yang mengandung zat besi selain daging adalah ubi jalar, kacang kedelai, bayam, labu, dan lentil.

3. Mengurangi stress berlebih

meditasi-stress

Menurut Elizabeth B. Houshmand, dokter kulit di Dallas, Texas yang bersertifikat, stress ekstrim dapat menyebabkan rambut rontok 6 minggu hingga 3 bulan setelah stress ekstrim terjadi. Efek yang terjadi adalah efek jangka panjang, sedangkan pertumbuhan rambut memerlukan waktu hingga satu tahun. 

Pentingnya untuk mengelola stress (stress management), mencoba untuk tenang, dan melakukan meditasi merupakan cara-cara untuk mengurangi stress berlebih.

4. Kurangi intensitas pemakaian styling iron

styling-hair

Saat menggunakan styling iron atau menggunakan hair dryer untuk menata rambut, rambut seringkali ditarik dan dipaksa untuk menerima udara yang terlalu panas. Dokter Elizabeth Houshmand lebih lanjut mengatakan, "Panas yang tinggi dari hair dyer dan alat sejenisnya dapat menyebabkan kerusakan rambut."

Apabila kamu memiliki rambut yang memerlukan penataan khusus dengan styling iron atau hair dyer, sesekali cobalah untuk mengistirahatkan rambut kamu dari kedua alat tersebut saat libur kerja. Kalau tidak memungkinkan, kamu bisa mencoba untuk memakai alat styling iron atau hair dryer yang suhunya bisa diturunkan atau bersuhu sedang.

5. Mencoba Hair Growth Serum

hair-growth-serum

Ini adalah salah satu cara yang worth it untuk dicoba, asalkan kamu membeli hair growth serum dari tempat-tempat yang terpercaya. Misalkan brand yang sudah dipercaya puluhan tahun mengatasi masalah rambut dan juga brand dengan review-review bagus dari youtuber atau blogger kecantikan.

Selain itu ada baiknya juga kamu memperhatikan apakah produk tersebut sudah ada ijin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) supaya produk yang kamu pakai benar-benar memberikan hasil yang positif sesuai yang kamu harapkan.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


2 comments


  • deWGQusDLJCE

    ClfvZPpROcVbagi


  • dELCVNBeGZrQ

    gNuvLBCaUdlkS


Leave a comment