Rekomendasi Macam-macam Takjil Buka Puasa

Rekomendasi Macam-macam Takjil Buka Puasa

Rekomendasi-Macam-macam-Takjil-Buka-Puasa

Wah sudah seminggu kita telah berpuasa yaa. Apakah puasa kamu lancar, Teman Mineola? Karena kesibukan kita, terkadang buka puasa kita terpaksa dilakukan dengan menu yang sama setiap hari. Tidak sempat untuk mencari takjil ataupun membuat takjil sendiri. Pesan makanan online pun lama-lama menjadi tidak variatif lagi ya. Oleh karena itu Mineola ingin membagikan rekomendasi macam-macam takjil untuk buka puasa. Baca sampai habis yaa, bagi yang sedang puasa boleh dicatat dulu daftar makanannya.

1. Pie Susu

pie-susu-takjil-buka-puasa

Pie susu adalah makanan ringan manis favorit kita semua. Tekstur pie yang padat dan garing, dipadukan dengan krim padat yang beraroma susu membuatnya cocok sebagai makanan takjil. Tetap beri ruang perutmu yaa untuk makanan berat sehabis sholat tarawih.

2. Pastel

gorengan-pastel-isi-makanan-buka-puasa

Siapa yang belum tahu enaknya pastel? Sejenis pastri yang di dalamnya terdapat bermacam isian, mulai dari kentang, wortel, telur dan bihun. Sekali gigitan dapat bermacam makanan yang masuk ke mulut.

3. Kipo

kipo-makanan-khas-jogja-takjil

Kipo merupakan makanan khas Indonesia, yaitu dari Kota Gede, Yogyakarta. Kipo dijual hanya di bulan Ramadan, kamu akan sulit mencari makanan ini apabila tidak sedang bulan puasa. 

Kipo berwarna hijau di luar dan memiliki isian gula merah dan kelapa di dalamnya yang berwarna cokelat. Rasanya legit dan harum karena dimasak menggunakan daun pandan.

4. Grontol Jagung

grontol-jagung-makanan-buka-puasa

Grontol jagung juga makanan tradisional Indonesia. Namanya grontol jagung, bahan utamanya adalah jagung yang direbus dan dihidangkan bersama taburan kelapa.

Grontol jagung dapat dengan mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah.

5. Bubur Candil

rekomendasi-takjil-bubur-candil

Bubur candil sering dikenal dengan sebutan biji salak, karena bentuk dari candil ini sebesar biji salak. Candil ini terbuat dari ketan dan gula merah. Penyajiannya sering ditambahkan dengan santan untuk menambah kenikmatan menyantap bubur candil.

6. Risoles

risoles-buka-puasa-makanan

Jenis gorengan satu ini menjadi favorit masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Renyahnya pastri yang berisi daging cincang, sayuran (buncis atau kentang) menggoda pastinya. Yang membedakan dari lumpia adalah jenis kulitnya, kulit risoles dilapisi tepung panir setelah dilumuri telur ayam sebelum digoreng.

7. Apem Selong

kue-apem-selong-berbuka-dengan-yang-manis

Apem selong ini lebih dikenal dengan nama kue apem renda memiliki pinggiran kecokelatan yang renyah, biasanya kamu temui pada acara syukuran atau saat tahun baru Islam. Berbahan dasar tepung beras dan untuk membuatnya kamu memerlukan cetakan. Dapat dibuat pada api kompor ataupun menggunakan arang.

8. Putu Mayang

kue-putu-mayang-warna-warni-manis

Kue putu mayang memiliki tampilan seperti mie kenyang berwarna warni dan dimakan dengan kinca atau gula jawa cair. Kue putu mayang memiliki bahan dasar tepung kanji atau tepung beras dengan campuran santan kelapa.

9. Es Pisang Ijo

es-pisang-ijo-buka-puasa-makassar

Apakah kamu sudah pernah mencoba es pisang ijo? Makanan ini berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Pisang dibalut dengan tepung berwarna hijau dari warna daun suji atau daun pandan, kemudian dikukus, dipotong-potong dan disajikan dengan es yang dilumuri dengan sirup berwarna merah. 

10. Es Kelapa dan Blewah

es-kelapa-dan-belewah-segar-buka-puasa

Minuman menyegarkan dari kelapa dan buah belewah khas bulan Ramadan ini juga mudah didapat, juga mudah dibuat. Kamu dapat mevariasikan dengan tambahan nata de coco dan selasih.

Itu tadi rekomendasi macam-macam takjil buka puasa, apa nih menu takjil kamu hari ini? Boleh di share di kolom komentar bawah yaa.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment