Perjuangan Prita Hapsari Ghozie Jadi Pakar Keuangan

Perjuangan Prita Hapsari Ghozie Jadi Pakar Keuangan

Perjuangan-Prita-Hapsari-Ghozie-Jadi-Pakar-Keuangan

Prita Hapsari Ghozie atau lebih dikenal dengan nama Prita Ghozie adalah perempuan kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1980 yang saat ini menjalani perannya sebagai seorang istri, ibu dari dua orang anak, dan CEO ZAP Finance. Apabila kamu suka topik mengenai mengelola uang dengan baik dan ekonomi syariah pasti tidak asing dengan nama Prita. Di media sosial pribadinya, Prita sering membagikan tips-tips mengatur dan merencanakan keuangan. Prita berhasil bangkit dari keterpurukan finansialnya dan menjadi influencer keuangan. Simak yuk bagaimana perjuangan Prita Hapsari Ghozie jadi pakar keuangan. 

Didikan Orang Tua dari Masa Kecil

Sejak kecil, Prita Hapsari sudah terbiasa dengan informasi berbau uang dan saham. Mungkin karena sang ibu merupakan sarjana ekonomi dan sang ayah Iwan Pontjowinoto adalah mantan Dirut Jamsostek yang berkecimpung di dunia pasar modal.

Prita sudah mulai dididik untuk bisa mengelola uang jajannya yang diberikan secara bulanan oleh orangtua nya. Dari uang jajan itu Prita selalu berusaha menyisihkan untuk tabungan di bank dan atas nama pribadinya.

Mandiri di Masa Remaja

Di masa remaja Prita sudah berinvestasi di reksa dana. Walaupun investasi tersebut hanya dilihat sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan investasinya.

Hobinya menari balet sejak usia 5 tahun menjadikannya pengajar balet pada tahun 2000 di Namarina. Pekerjaan lain Prita adalah sebagai foto model di beberapa majalah remaja, seperti Kawanku membuat Prita Ghozie. Kedua honor mengajar dan foto model tersebut dimasukkan ke tabungan pribadi. Prita menekuni dunia keuangan saat dirinya kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dilanjutkan dengan program master di University of Sydney, Australia.

Pendidikan Sarjana dan Ramalan Ayah

Saat kuliah di Australia itulah ayah Prita mendesak untuk mengambil kuliah tambahan di bidang financial planning. Ayah meyakinkannya bahwa bidang ini akan booming di masa depan. ”Ramalan” ayah Prita terbukti. Prita kini menjadi salah satu perencana keuangan independen yang laris dimintai nasihatnya dan merupakan salah satu dari sedikit yang memiliki gelar akademis resmi di bidang Perencanaan Keuangan dan gelar profesional sebagai Certified Financial Planner Professional.

Bukunya yang diperuntukkan bagi para perempuan (Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya) sudah tiga kali cetak ulang dalam setahun.

Setelah menikah, Prita Ghozie berhenti menjadi pengajar tari balet dan memiliki dua orang anak. Ia juga mengundurkan diri dari perusahaan multinasional, PT IBM tempatnya bekerja, sebelum akhirnya mendirikan perusahaan sendiri.

Rutinitas Prita Saat Ini

Saat ini, Prita Ghozie adalah dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dosen tamu di Institut Teknologi Bandung School of Business Management, dan CEO dari ZAP Finance.

Sebagai seorang pakar keuangan, Prita Ghozie memang dikenal dengan berbagai pandangannya yang cukup berbeda. Ia menjelaskan bahwa keluarga yang bisa bertahan dan tetap hidup nyaman pada saat krisis ekonomi, justru bukan mereka yang punya penghasilan tinggi, tapi yang berhasil mengalokasikan penghasilan mereka menjadi aset investasi. Inilah mengapa misi yang dibangun Prita melalui ZAP Finance adalah meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, dimulai dari satuan terkecil dalam ekonomi, yaitu ekonomi rumah tangga.

Sama halnya dengan semua orang yang baru memulai bisnis, perusahaan Prita membutuhkan waktu untuk bertumbuh dan berkembang, apalagi saat itu bisnis di bidang perencanaan keuangan belum banyak dikenal orang. Namun, semangat Prita hadir dari keluarganya, terutama sosok suami yang selalu mengingatkannya untuk bekerja sepenuh hati dan konsisten.

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment