Nadine Chandrawinata Aktris Aktivis Laut dan Go Green

Nadine Chandrawinata Aktris Aktivis Laut dan Go Green

Nadine-Chandrawinata-Aktris-Aktivis-Laut-Go-Green

Kali ini Mineola akan mengulas aktris Indonesia yang sudah terkenal sejak dulu, dan memiliki adik laki-laki kembar. Siapa yang bisa tebak? Yup, Nadine Chandrawinata. Nadine sangat dikenal sebagai wanita Indonesia yang penuh prestasi dan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2006 di Los Angeles, Amerika Serikat dan meraih juara kedua untuk Budaya Nasional Terbaik dan Putri Persahabatan. Ternyata, aktris dan model ini tidak berpuas diri hanya dengan prestasi bagi dirinya sendiri. Nadine juga aktif menyuarakan kecintaannya pada bumi, dan terutama ekosistem laut. Simak bagimana Nadine Chandrawinata seorang aktris yang menjadi Aktivis Laut dan Go Green.

Kisah Nadine dan Laut Indonesia

Sejak tahun 2004, Nadine telah bepergian dan menyelam terus-menerus. Sebagai tuan rumah perjalanan, Nadine pergi ke banyak kota di Indonesia, dan sejak tahun 2005 mulai menghabiskan waktu mendidik masyarakat setempat untuk memecahkan masalah yang dia lihat di laut. Nadine mendokumentasikan ekosistem bawah laut dan menunjukkannya kepada penduduk setempat. Anehnya, banyak dari mereka yang tidak menyadari keberadaan ikan paus, karang, dan kebanyakan dari mereka hanya mengetahui keberadaan lumba-lumba karena mereka membantu mereka ketika mereka sedang memancing. Mantan Puteri Indonesia tahun 2005 melakukan itu selama bertahun-tahun sampai ia memutuskan untuk membuat Sea Soldier pada 28 Maret 2015.

kisah-nadine-dan-laut-indonesia-sea-soldiers

Motivasi Nadine Chandrawinata

Nadine ingin orang-orang memahami bahwa melindungi lingkungan adalah suatu keharusan: itu adalah bagian dari kehidupan. Berawal dari komitmen untuk mengubah pola hidup masyarakat menjadi peduli terhadap lingkungan, Nadine membutuhkan lebih banyak tangan untuk membantu, terutama sekarang karena ia sudah menikah, dan memiliki lebih banyak tanggung jawab daripada sebelumnya.

Kegiatan Sea Soldiers

Setiap daerah di Indonesia memiliki masalah lingkungan yang unik. Misalnya kita membicarakan masalah mangrove di Banyuwangi dan telur penyu di Padang, oleh karena itu para Sea Soldiers selalu berusaha mengangkat masalah lingkungan masing-masing daerah dan kemudian mencari solusi. Nadine juga aktif mencari sponsor dan membuat konsep untuk tim Sea Soldiers.

Keberhasilan Sea Soldiers

Salah satu program rutin Sea Soldiers adalah mencegah penggunaan lumba-lumba di sirkus. Di Karimun Jawa sebagai contoh, telah ditutup satu titik persebaran lumba-lumba.

Di Banyuwangi, pertumbuhan mangrove telah berkembang dengan baik. Mangrove penting untuk membantu mencegah erosi.

Di Padang dahulu banyak yang menjual telur penyu, namun kini perlahan situasinya membaik. Indonesia sangat luas, jadi untuk benar-benar membuat perubahan akan memakan waktu.

Kegiatan Pribadi Sebagai Aktivis Lingkungan

Nadine menanam sayuran sendiri di rumah dan selalu memisahkan sampah plastik untuk didaur ulang. Aktris yang satu ini selalu membawa tas yang dapat digunakan kembali ke mana pun, dan bahkan membawa sedotan sendiri yang dapat digunakan kembali. 

Pesan Nadine untuk Muda Mudi Indonesia

Kantong plastik itu tidak keren — membawa tas sendiri yang dapat digunakan kembali itu keren. Lindungi planet kita.

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment