Menyambut Hari Kartini, Berikut 5 Wanita Inspiratif versi Forbes Indonesia

Hari ini, Indonesia tengah memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Bagi masyarakat Indonesia khususnya kaum wanita, Hari Kartini merupakan momentum bersejarah. Pasalnya di hari ini, kita banyak mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai salah satu wanita inspiratif di Indonesia. R.A. Kartini merupakan tokoh pahlawan wanita yang menjadi pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. Dahulu, R.A. Kartini banyak berbicara tentang kesetaraan hak perempuan terutama dalam hal pendidikan, ekonomi, hingga politik.

Forbes merupakan majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat. Di indonesia, majalah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2010. Majalah yang satu ini sering mengeluarkan edisi khusus. 

Menyambut Hari Kartini, Berikut 5 Wanita Inspiratif versi Forbes Indonesia :

1. Febriany Eddy

Febriany Eddy merupakan Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Office (CEO) PT. Vale Indonesia Tbk setelah pengangkatannya disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 29 April 2021 lalu.

Febriany menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai CEO sekaligus Presiden Direktur perusahaan industri pertambangan mineral.

2. Dr. Carina Joe

Dr. Carina merupakan ilmuwan Indonesia yang berhasil memproduksi vaksin AstraZeneca.

Perlu diketahui bahwa vaksin ini merupakan salah satu vaksin Covid-19 yang digunakan di berbagai negara. Salah satu pemilik paten dari vaksin ini yaitu Dr. Carina.

3. Ira Noviarti

Ira Noviarti juga presiden direktur yang disebut Forbes sebagai perempuan inspiratif. Ira Noviarti diangkat menjadi Presiden Direktur PT. Unilever Indonesia Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 25 November 2020 dan efektif bekerja pada 1 Desember 2020. Ira merupakan presiden direktur perempuan kedua sejak perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) berdiri.

4. H.E. Fientje Maritje Suebu

H.E. Fientje Maritje Suebu merupakan perempuan pertama asal Sentani, Papua yang berhasil dilantik menjadi Duta Besar. Fientje bertugas sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Selandia Baru. Perempuan inspiratif ini memiliki mimpi besar untuk menunjukan kepada semua orang bahwa warga Papua juga bisa berdaya. Tak hanya itu, ia juga meyakini bahwa perempuan Papua dapat menjadi agen perubahan sesuai bidang keahliannya.

5. Maudy Ayunda

Ayunda Faza Maudya, B.A., M.A., M.B.A. atau yang lebih dikenal dengan Maudy Ayunda adalah seorang aktris, model, aktivis, penulis dan penyanyi berkebangsaan Indonesia.

Maudy juga memiliki latar belakang pendidikan yang sangat bagus. Beberapa tahun lalu, Maudy sempat ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia karena keberhasilannya diterima di dua perguruan tinggi bergengsi dunia, yaitu Harvard dan Stanford.

Pada akhirnya Maudy lebih memilih berkuliah S2 di Stanford University dan berhasil lulus dengan gelar M.A. dan MBA. Gelar tersebut didapatkannya setelah menyelesaikan studi di dua jurusan yaitu Adminstrasi Bisnis dan Pendidikan.

Dan baru baru ini, Maudy Ayunda ditunjuk Pemerintah sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika, John G. Plate mengatakan bahwa pemilihan Maudy sebagai jubir dikarenakan aktris ini menguasai beberapa bahasa asing. Tak hanya itu, Maudy juga dinilai bisa menjembatani komunikasi perihal G20 dengan milenial dan generasi Z.

Nah tentunya masih banyak lagi wanita wanita hebat Indonesia yang bisa kita jadikan inspirasi tentunya. Mereka mereka adalah orang yang yang mampu memotivasi kita untuk bergerak maju. 


Leave a comment