Kenali Penyebab Jerawat Kamu Supaya Bisa Dicegah

Kenali Penyebab Jerawat Kamu Supaya Bisa Dicegah

Jerawat adalah masalah wanita yang tak kunjung selesai. Bahkan sudah gak puber pun masih aja ada jerawat yang betah dan langganan datang ke muka. Penyebabnya bisa berbagai macam dan apabila penyebabnya bisa diketahui, kamu bisa mencegah jerawat muncul lagi di wajah kita. Yuk kenali penyebab jerawat kamu supaya bisa dicegah.

Pada dasarnya jerawat timbul karena minyak (sebum) dan sel kulit mati menyumbat pori-pori wajah kita. Penyumbatan tersebut menghasilkan komedo putih dan hitam. Namun ada bakteri Propionibacterium acnes yang berperan menimbulkan kemerahan (peradangan) dan membuat benjolan merah ciri khas jerawat. Jerawat pada area wajah ternyata disebabkan oleh hal yang berbeda-beda lho. Kamu bisa memeriksa penyebab jerawat kamu berdasarkan lokasi munculnya jerawat kamu.

Jerawat pada Garis Rambut dan Pelipis Dahi

penyebab-jerawat-garis-rambut-pelipis-dahi

Apabila pada pelipis rambut (bagian akar rambut poni kamu) dan dahi sekitar akar rambut timbul jerawat, maka ada kemungkinan kamu baru mencoba-coba produk perawatan rambut atau produk makeup yang belum pernah kamu pakai sebelumnya nih. Karena bisa jadi produk perawatan rambutmu malah membuat kulit kepala kamu menjadi lebih berminyak atau malah menjadi kering. Dan efeknya adalah daerah sekitar poni timbul jerawat.

Jadi, sebaiknya hentikan dan ganti produk perawatan rambut dan make up yang kamu baru coba itu sebelum jerawatnya menjadi tambah parah dan terjadi break-out.

Zona-T: Dahi, Hidung, Dagu

penyebab-jerawat-zona-t-hidung-dahi-dagu

 

 

Zona-T terdiri dari dahi, hidung, dan dagu memang produksi minyak daerah ini lebih banyak dibandingkan daerah wajah yang lain. Sehingga minyak (sebum) sering tersumbat dan menimbulkan jerawat. Mungkin ada yang masih bingung, saya bukan tipe muka yang berminyak atau kombinasi tetapi kenapa ya masih aja ada muncul jerawat. 

Penyebab yang lain adalah asupan makan yang pedas dan berminyak memperparah kondisi minyak pada wajah. Jerawat di hidung berhubungan langsung dengan kesehatan organ hati kita. Kamu bisa coba untuk mengurangi makanan yang pedas dan berminyak yaa.

Jerawat pada Pipi

jerawat-daerah-pipi

Apabila kamu langganan nih, pipinya muncul terus jerawat, kemungkinan kamu terkena acne mechanica. Acne mechanica adalah jerawat yang disebabkan oleh gesekan pada kulit. Misalkan saat kamu tidur, wajah kamu bergesekan pada bantal atau saat memakai masker. 

Solusinya adalah rajin-rajin mengganti sarung bantal atau guling kamu, dan sering mengganti masker setiap 4 jam sekali. Kamu juga bisa mempertimbangkan opsi membeli masker yang halus dan lembut bagi kulit kamu.

Jerawat di Rahang

jerawat-daerah-rahang 

Jerawat pada rahang atau pipi bagian pinggir dekat telinga disebabkan oleh fluktuasi hormon kamu. Jerawat pada bagian ini sering timbul pada saat kamu haid, bisa kemudian mereda dan hilang saat kamu telah selesai menstruasi. 

Kamu bisa mengurangi tingkat keparahan jerawat dengan menjaga pola makan kamu. Memakan makanan yang bergizi, serta mengurangi gorengan dan lemak pada menu kamu.

Itu dia seputar jerawat yang mungkin mampir nih di wajah kita. Kenali penyebab jerawat kamu supaya bisa dicegah dan semoga saja jerawat kamu bisa hilang sepenuhnya dan kulit wajah bisa kembali mulus 😀

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment