Jerawat Tak Kunjung Hilang, Pakai Cara Diet Ini

Jerawat Tak Kunjung Hilang, Pakai Cara Diet Ini

Jerawat-Tak-Kunjung-Hilang-Pakai-Cara-Diet-Ini

Beberapa dari kita mungkin heran sudah memakai segala jenis skin care yang cocok, bahkan berhati-hati dalam memilih kandungan skin care yang akan kita gunakan, tetapi jerawat tak kunjung hilang dan tidak bisa mendapatkan kulit mulus yang diidam-idamkan. Ternyata perawatan wajah membutuhkan dua faktor, faktor eksternal yaitu skin care dan faktor internal yaitu makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan adalah salah satu penyebab munculnya jerawat karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh punya peran penting bagi kesehatan kulit. Yuk simak mengakali jerawat yang tak kunjung hilang, pakai cara diet berikut ini.

Batasi gula dan karbohidrat

Seperti umumnya metode diet, diet jerawat mengharuskan kita mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Kadar gula yang normal membuat kulit jadi lebih sehat, dan jerawat pun menghilang perlahan. 

diet-batasi-gula-karbohidrat-hilangkan-jerawat

Beberapa jenis makanan yang memicu terjadinya lonjakan insulin ini termasuk nasi putih, roti putih, gula, dan spageti. Karena memiliki pengaruh meningkatkan produksi insulin, makanan tadi dianggap sebagai karbohidrat dengan glikemik yang tinggi. Artinya, jenis makanan ini terbuat dari gula sederhana. 

Makanan berbahan cokelat dipercaya membuat kondisi jerawat di wajahmu menjadi lebih buruk. Tetapi hal ini memiliki pengaruh yang berbeda kepada setiap individu. 

Mengonsumsi asam lemak omega 3 dan antioksidan

konsumsi-antioksidan-untuk-kulit-mulus

Penelitian oleh Lips in Health and Disease menyatakan bahwa jika seseorang yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan antioksidan setiap hari dapat mengurangi jerawat. Beberapa influencer juga kita sering melihat menyarankan konsumsi omega 3 untuk membantu mengontrol hormon yang turun naik secara signifikan.

Kebutuhan omega 3 bisa didapatkan dari ikan salmon, makarel, suplemen omega-3 dan jenis ikan berlemak lainnya. Kebutuhan antioksidan dapat mengonsumsi tomat, sayuran berwarna hijau tua, serta buah dan sayuran yang berwarna kuning atau orange.

Makanan yang kaya serat

Jerawat di bagian muka tertentu menandakan bahwa tubuh kita membutuhkan lebih banyak serat. Maka dari itu salah satu cara melakukan diet jerawat adalah dengan memperbanyak konsumsi serat.

Kebutuhan serat harian orang dewasa berkisar antara 20-30 gram setiap hari. Mencukupi kebutuhan serat ini juga bermanfaat baik untuk melancarkan pencernaan dan menghaluskan kulit di wajah.

Mengonsumsi makanan rendah glikemik

Apa itu makanan rendah glikemik? Makanan rendah glikemik adalah makanan minim olahan, misalnya salad, jus, atau yang hanya direbus. Makanan rendah glikemik juga dapat terbuat dari karbohidrat kompleks mengurangi risiko munculnya jerawat. Contoh makanan rendah glikemik adalah biji-bijian, kacang polong, buah dan sayuran yang belum melalui proses olahan.

Selain itu kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral zinc, vitamin A, vitamin E, dan antioksidan juga dianggap bermanfaat karena membantu mengurangi peradangan. Contohnya adalah jeruk, bayam, tomat, blueberry, wortel, hingga quino.

Studi yang dipublikasikan Journal of the American Academy of Dermatology  tahun 2007, menjalani diet rendah glikemik dan protein tinggi selama 12 minggu membantu mengurangi jerawat dengan signifikan dan membantu menurunkan berat badan.

Minum banyak air putih

 minum-delapan-gelas-sehari-tetap-sehat

Last but not least yang terpenting adalah memperbanyak konsumsi air putih. Teman Mineola, salah satu penyebab jerawat lainnya adalah tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik. Kulit yang kekeringan membuat kelenjar minyak menghasilkan minyak berlebih. Hal tersebut menjadi penyebab utama jerawat, dan membuat penumpukan kotoran serta komedo.

Jadi cukupi kebutuhan air minum delapan gelas sehari, ya.

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment