Cara Mengatasi Insecure pada Wanita

Cara Mengatasi Insecure pada Wanita

Cara-Mengatasi-Insecure-pada-Wanita

Kalau kata penulis buku, wanita adalah makhluk yang berasal dari Planet Venus. Pada dasarnya kita sebagai wanita sangat mudah untuk berpikir jauh ke depan, lebih mengutamakan perhatian, perasaan, dan juga lebih berhati-hati. Pola pikir tersebut akan seringkali muncul dalam menghadapi masalah dan menyusun tujuan, seiring beranjak dewasa. Secara tidak sadar, pola pikir inilah yang juga bisa menjadi penyebab insecure pada wanita. Yuk simak bagaimana cara mengatasi insecure pada wanita.

Penyebab Insecure pada Wanita

Sebenarnya sih pola pikir dan kedewasaan akan terbentuk bagaimana lingkungan sekitar berdampak baik atau buruk. Secara natural, hal tersebut adalah bentukan sejak kecil yang dipengaruhi oleh faktor keluarga maupun lingkungan masyarakat. Setiap wanita dibesarkan dengan nilai dan pola pikir tertentu, terkadang wanita dituntut untuk sesuai dengan standar atau kriteria tertentu.

Maka, bakalan sering muncul deh di pikiranmu, kalau cewek itu harus begini atau begitu. Kalau nggak bisa memenuhi standar tersebut, kamu jadi merasa gak aman alias insecure. Dengan kata lain, saat insecure ini seseorang merasa suatu hal ada yang kosong atau kurang, sehingga akan berusaha mengisinya dengan berbagai cara.

Insecure adalah hal yang normal kok, Teman Mineola. Hanya saja kalau berlebihan, tentu bisa memengaruhi berbagai kegiatanmu. Bahkan bisa memengaruhi kondisi mental, emosional, hingga fisik. Saat merasa insecure, kamu bakalan merasa diri sendiri selalu kurang sehingga kamu terlalu sulit untuk melangkah maju ke depan menggapai cita-citamu. Kamu juga jadi cenderung kurang bisa jadi diri sendiri karena sibuk membuat dirimu sesuai dengan kriteria atau standar yang ada dari orang lain.

Cara Mengatasi Insecure pada Wanita

1. Stop Membandingkan Diri Sendiri

Pasti nggak akan ada habisnya deh kalau kita terus merasa diri kita kurang ini dan itu. Entah membandingkan fisik, pencapaian atau kepunyaanmu dengan orang lain, rasanya pasti lelah dan bisa berujung ke depresi lho. Teman Mineola harus ingat kalau kita diciptakan berbeda satu dengan yang lain.

Jika orang lain memiliki suatu kelebihan, kamu pasti juga punya, hanya saja mungkin pada hal yang berbeda. Selain itu, ketika orang lain berhasil sementara kamu gagal, kamu hanya tidak sadar kalau sebenarnya setiap orang punya masalahnya sendiri. Bisa saja apa yang menjadi pencapaianmu adalah impian orang lain. Jadi, jangan membanding-bandingkan diri dengan orang lain lagi ya, kalau ingin tahu cara mengatasi insecure. Kelebihan atau keberhasilan orang lain cukup kamu jadikan motivasi saja.

2. Fokus Menjadi Diri Sendiri dengan Segala Kelebihan

Perkataan orang lain dan kelebihan orang lain suatu waktu akan menyakitimu. Dibandingkan sibuk memikirkan perkataan negatif dari orang lain maupun memikirkan kelebihan orang lain, sebaiknya Teman Mineola dapat menemukan kelebihanmu sendiri. Fokus untuk menjadi diri sendiri adalah salah satu cara mengatasi insecure kok. Kamu tidak perlu selalu berusaha menyenangkan hati orang lain, karena itu tidak akan ada habisnya.

Saat orang lain yang berkomentar negatif sebenarnya juga belum tentu memikirkan kata-katanya terhadapmu lho. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu memikirkan perkataan negatifnya terus-menerus. Sebaiknya kamu menjadi diri sendiri, memaksimalkan kelebihan yang kamu miliki, dan merasa bahagia. Orang yang selalu berkomentar negatif akan diam sendiri ketika melihatmu selalu bahagia menjadi diri sendiri.

3. Bersyukur dan Mencoba untuk Berpikir Realistis

Apa yang kamu miliki saat ini, kegagalanmu, dan segala kekuranga diri, bisa kamu coba untuk terima dan syukuri. Bersikap realistis tidak semua hal bisa berjalan sesuai kehendak sendiri. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi insecure juga lho. Misalnya saja, kamu tidak bisa mendapatkan sesuatu sesuai dengan ekspektasi awal. Daripada uring-uringan dan tidak bersemangat, coba untuk menerima apa yang kamu dapatkan. Setelah ini, kamu dapat berusaha lebih baik lagi.

Jika kamu sibuk mengejar standar tinggi tanpa berpikir realistis tentang seberapa batas kemampuanmu, kamu bisa merasa insecure terus-menerus. Begitu pula dengan segala kekurangan yang kamu miliki, kamu harus bisa menerimanya. Dengan begini, kamu akan merasa lebih baik dan tidak terus menerus berpikir negatif soal diri sendiri.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment