7 Kesalahan Memasak yang Sebaiknya Dihindari

7 Kesalahan Memasak yang Sebaiknya Dihindari

7-Kesalahan-memasak-yang-sebaiknya-dihindari

Teman Mineola, tidak terasa sudah mau weekend aja. Bagi sebagian orang, weekend adalah waktunya untuk mengembangkan kreasi dan kemampuan memasak. Bagi yang baru mau mencoba memasak, tidak usah khawatir karena sudah banyak tutorial memasak dan resepnya yang dapat didapatkan dengan mudah di internet. Ada baiknya baik pemula dan profesional mengetahui kesalahan memasak ini supaya dapat membuat masakan yang lebih enak. Yuk ketahui 7 kesalahan memasak yang sebaiknya dihindari.

1. Mencuci Ayam

 

Mencuci daging mentah seperti ayam, kalkun dan daging sapi dapat membuat kuman yang ada di daging tersebar ke permukaan dapur atau wastafel. Kuman tersebut dapat berpindah ke makanan lain seperti buah atau sayuran yang kita letakan di tempat yang sama. Daging tidak perlu dicuci, kuman yang ada dalam daging akan mati saat dimasak secara menyeluruh dan matang.

2. Memotong Steak Langsung Setelah Dikeluarkan dari Oven atau Panggangan

memotong-steak-langsung-setelah-matang

Cairan yang terdapat dalam steak yang baru matang masih terkumpul dalam bagian tengah steak, perlu didiamkan beberapa saat agar cairan tersebut dapat terdistribusikan ke seluruh bagian steak. Rasa daging pun dapat menjadi lebih enak.

3. Merebus Pasta dengan Minyak

Banyak yang menyarankan merebus pasta dengan mencampurkan minyak ke dalam air rebusan untuk menghindari pasta yang diangkat menjadi lengket. Tetapi perlu untuk diketahui, minyak yang menempel pada pasta membuat saus yang akan dimasak menjadi sulit menempel dan meresap, bahkan pasta yang dimasak nantinya akan berlendir.

4. Tidak Menggunakan Talenan Berbeda

Memotong-daging-ayam-talenan-berbeda

Seperti halnya menghindari mencuci ayam menyebabkan penyebaran kuman dan bakteri, begitu juga dengan memotong daging. Dapat terjadi kontaminasi silang antara kuman di daging berpindah pada sayuran yang dipotong. 

5. Terlalu Lama Direndam Bumbu

Daging yang direndam bumbu rasanya akan lebih meresap, namun lamanya merendam juga perlu diperhatikan. Apabila terlalu lama akan membuat daging tersebut teksturnya menjadi lembek dan tidak enak saat dimasak. Maksimal waktu merendam daging sebaiknya antara 1 hingga 2 jam saja.

6. Memasak Daging Langsung dari Lemari Pendingin

hindari-memasak-daging-langsung-dari-freezer

Daging beku yang baru saja dikeluarkan dari freezer, atau chicken nugget dan makanan beku lainnya tidak dapat dimasak langsung. Daging yang beku dan langsung dikeluarkan untuk dimasak akan membuat daging tersebut tidak matang sempurna dan rasanya bisa berbeda. 

Rendam daging yang beku atau didiamkan agar mencair terlebih dahulu baru kemudian diolah lebih lanjut seperti digoreng atau direbus.

7. Menggoreng Ikan Api Kecil

Rasanya seram ya terkena cipratan minyak panas, karena itu sering kali kita memasukkan makanan untuk digoreng sebelum minyak menjadi panas atau menggoreng dengan api kecil untuk menghindari cipratan minyak. Memasak dengan minyak yang belum panas dan api kecil dapat membuat ikan menjadi lengket di wajan. Hindari memasak ikan terlalu lama hingga menjadi kering.

kesalahan-memasak-ikan-dengan-api-kecil

Itu tadi 7 kesalahan memasak yang sebaiknya dihindari agar masakan kamu menjadi lebih enak. Kalau kamu tahu tips lainnya, boleh dibagikan ke kolom komentar di bawah yaa :)

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.

 


Leave a comment