6 Kesalahan Skin Care yang Mungkin Kamu Lakukan

6 Kesalahan Skin Care yang Mungkin Kamu Lakukan

6-Kesalahan-Skin-Care-yang-Mungkin-Kamu-Lakukan

Halo Teman Mineola, apa kabarnya dari libur lebaran panjang? Saatnya kembali dengan rutinitas pekerjaan dan kenyataan yaa. Hehe. Begitu juga dengan skin care yang kamu pakai. Apakah kamu sedang mengalami kebingungan karena skin care yang kamu gunakan, cocok sih tetapi kok gak ada efeknya ke wajah ya? Wajah jadi biasa-biasa saja, tidak kunjung membaik atau glowing seperti yang diharapkan. Kemungkinan, ada kesalahan dalam pemakaian skin care kamu sehari-hari nih. Yuk simak 6 kesalahan skin care yang mungkin kamu lakukan.

1. Melakukan Gerakan yang Salah Saat Memakai Skin Care

 01-Melakukan-Gerakan-Salah-Memakai-SkinCare

Akibat dengan gerakan yang salah saat memakai skin care, dapat mempengaruhi tekstur wajah dan juga bisa mengalami penuaan lebih cepat. Coba deh mulai perhatikan cara kamu menghapus make up dan mencuci wajah. Ketika mencuci wajah, banyak yang membasuh sisa air di wajah dengan gerakan ke bawah. Wah gawat kalau sudah menjadi kebiasaan, hal ini yang dapat membuat wajah kamu cepat kendur. Mulai sekarang kamu bisa memulai membasuh dan mengoleskan skin care dengan cara ke arah samping dan ke atas ya.

2. Exfoliasi Wajah Terlalu Sering

 02-hindari-Exfoliasi-Wajah-Terlalu-Sering

Exfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati akan terangkat dan digantikan dengan sel kulit baru dengan memakai produk scrub atau peeling. Pasti kamu semangat banget membuat kulit kamu jadi lebih glowing setiap kamu melakukan exfoliasi, tetapi terlalu sering melakukan exfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering. Kemudian, terjadilah lebih banyak minyak yang nantinya menimbulkan jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, kamu dapat lakukan exfoliasi seminggu sekali atau maksimal dua kali dalam seminggu.

3. Tidak Menggunakan Toner

 03-Tidak-Menggunakan-Toner-skin-care

Kalau ini, Mimin merasakannya sendiri karena berpikir toner tidak begitu penting bagi kulit dan juga selagi dapat menghemat budget skin care. Tetapi setelah tidak memakai toner dalam jangka waktu berbulan-bulan, kulit menjadi lebih kering dan tidak seimbang PH-nya. 

Manfaat toner dalam dunia perskin-care adalah membuat kulit kamu akan menjadi lebih terhidrasi dan seimbang pH-nya, sehingga akan terlihat lebih sehat dan cerah. Selain itu, kulit kamu juga akan lebih siap menerima produk skin care selanjutnya sehingga hasil skin care yang kamu gunakan lebih maksimal. 

4. Memakai Sunscreen Hanya Saat Berpergian

Aktivitas kamu mungkin lebih banyak di rumah aja semenjak pandemi Covid-19 ini dan kamu tidak merasa terekspos sinar matahari saat berada di dalam rumah. Padahal walaupun sedang berada di dalam rumah, kamu dapat terkena sinar UV dari sinar matahari dari jendela ataupun pintu rumah kamu. 

Walaupun tidak sebanyak sinar UV yang kamu terima saat berada di luar, sedikit demi sedikit kamu seperti menabung photoaging atau penuaan karena terkena cahaya matahari. Produk skin care yang kamu aplikasikan pun menjadi kurang maksimal apabila sinar UV masuk ke kulit dan merusaknya.

5. Langsung Tidur Setelah Mengaplikasikan Skin Care

 05-jangan-Langsung-Tidur-Setelah-Mengaplikasikan-Skin-Care

Memang seharusnya kita mandi dan mengoleskan produk skin care sebelum tidur sangat dianjurkan. Namun apabila setelah beraktivitas dan pulang ke rumah, kamu merasa sangat lelah dan mengantuk. Kemudian kamu dengan cepat mandi dan memakai produk skin care dan segera tidur, ternyata tidak dianjurkan lho. Kenapa?

Setelah mengaplikasikan produk ke wajah, penyerapan skin care belum sepenuhnya terserap. Kamu gak mau kan kalau semua skin care yang kamu pakai malah menempel ke sarung bantal dan seprei kamu. Tunggulah sekitar 30 menit hingga 1 jam agar skin care dapat meresap dengan sempurna.

6. Tidak Membaca Kandungan pada Skin Care yang Dipakai

 06-baca-Kandungan-pada-Skin-Care-yang-Dipakai

Sebagai pemakai skin care yang bijak, kamu pasti suka mengikuti beauty influencer dan terpengaruh (terpancing) untuk membeli suatu produk skin care. Namun kamu perlu ketahui bahwa skin care adalah bersifat personal dan dapat memberi efek yang berbeda pada setiap orang. Jadi sebelum membeli produk sebaiknya kamu mengecek kandungannya terlebih dahulu, apakah bahan dari produk tersebut cocok dengan tipe kulit kamu ataukah ada bahan-bahan yang memiliki sifat berbahaya bagi kulit kamu.

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment