5 Vitamin Penting Buat Kamu Tampil Cantik Awet Muda

5 Vitamin Penting Buat Kamu Tampil Cantik Awet Muda

Sekian banyaknya vitamin yang membuat tubuh kita sehat, seperti vitamin D yang sedang dikonsumsi terutama di masa pandemi ini. Teman Mineola, alangkah baiknya juga kalau ada vitamin yang baik buat kesehatan juga dapat membuat kecantikan kita tetap awet bukan? Apakah ada vitamin seperti itu? Yap, salah satu vitaminnya bernama kolagen yang sering kita dengar. Kolagen sering dicampurkan pada peralatan kosmetik, produk perawatan kulit, hingga makanan dan minuman untuk dikonsumsi secara langsung. Selain kolagen, vitamin apa lagi ya? Yuk, simak 5 vitamin penting buat kamu tampil cantik awet muda.

1. Vitamin C

vitamin-c-penting-antioksidan-tampil-awet-muda

Produk perawatan kecantikan sekarang sudah banyak yang menggunakan vitamin C untuk mempropagandakan menambah kecerahan kulit. Itu karena vitamin C mempunyai antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang kurang baik bagi kulit, polusi dan berbagai tanda penuaan. Vitamin ini dapat dikatakan sebagai vitamin awet muda yang memelihara kolagen dan menjaga kulit tetap kenyal, sehingga kulit kamu tampak selalu kencang.

Kamu dapat vitamin ini dari mengonsumsi buah lemon dan buah-buahan seperti jeruk, kiwi, jambu biji, melon, stroberi, pepaya. Selain itu sayur-sayuran juga ada yang mengandung vitamin C, diantaranya adalah tomat, brokoli, kubis, paprika kuning dan merah.

2. Vitamin A dan Beta Karoten

vitamin-a-betakaroten-baik-untuk-mata-cantiik

Vitamin A dan beta karoten dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Tetapi vitamin A dan beta karoten memiliki manfaat lain untuk kulit lho. Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit secara mandiri dan melawan infeksi. Hal ini sangat penting dalam rangka pertumbuhan dan pembaruan kulit.

Beta karoten merupakan prekursor vitamin A karena beta karoten dibutuhkan saat mengubah vitamin A menjadi antioksidan yang efektif elindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan efek penuaan.

Vitamin A dan beta karoten didapat dari ubi jalar yang merupakan sumber terbaik vitamin A. Vitamin A juga ada di dalam sayur-sayuran seperti wortel, bayam, brokoli dan buah-buahan seperti aprikot dan persik. Susu, dan susu olahan, hati sapi, dan kuning telur juga merupakan sumber vitamin A.

3. Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 melengkapi kulit kita dengan asam lemak esensial (EFA). Vitamin membantu melindungi kulit dari komedo yang sering muncul serta kulit kering dan meradang. Selain itu, vitamin ini juga membantu memperbaiki kulit, menghidrasi dan menjaga fleksibilitas kulit secara keseluruhan.

Sumber terbaik omega 3 dan 6 adalah sarden dan minyak ikan. Teman Mineola juga bisa mendapatkannya melalui berbagai vitamin siap minum yang dijual di supermarket atau apotik.

4. Zinc

kekurangan-zinc-salah-satu-sumber-jerawat

Zinc membantu vitamin A dalam memproduksi kolagen dan elastin, yang berperan penting dalam pertumbuhan sel dan regenerasi sel seluruh tubuh dan kulit. Zinc juga bertanggung jawab untuk berfungsinya kelenjar sebaceous (kelenjar yang menghasilkan sebum atau minyak di kulit). Teman Mineola mungkin tidak mengira kalau rendahnya kadar zinc dalam tubuh merupakan salah satu penyebab jerawat.

Kamu bisa dapatkan Zinc dari tiram, daging merah dan unggas dan telur. Oat dan jahe juga merupakan sumber Zinc terbaik.

5. Vitamin E

Vitamin-e-antioksidan-anti-aging-hidrasi-kulit-tampil-cantik

Vitamin E merupakan vitamin kulit yang telah dikenal luas. Seperti vitamin A, vitamin E juga memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit dengan menetralkan molekul tidak stabil atau radikal bebas. Radikal bebas membuat  kolagen terkonsumsi sia-sia dan elastin dapat mengakibatkan keriput serta tanda penuaan dini lainnya. Vitamin E lah yang melindungi kulit kita dari kerusakan, memberi nutrisi anti-aging dan menghidrasi kulit.

Kita bisa mendapatkan vitamin E dari biji bunga matahari, kacang almond, buah alpukat, pepaya dan minyak sayur.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment