5 Kiat Sehat Beraktivitas Buat Kamu yang Mager Olahraga

5 Kiat Sehat Beraktivitas Buat Kamu yang Mager Olahraga

Kesehatan adalah faktor yang penting dan paling utama dalam kehidupan. Apapun aktivitas yang kita miliki, pasti memerlukan tubuh yang sehat agar tetap produktif. Di tengah pandemi virus Covid-19 yang harus dihadapi dan selagi beraktivitas, menjaga kesehatan sudah wajib hukumnya. Saat vaksin virus Covid-19 dan obat penyembuhannya belum ditemukan (masih dalam tahap percobaan), berikut 5 kiat sehat beraktivitas buat kamu yang mager olahraga:

1. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

cuci-tangan

Hal ini adalah hal yang terutama dan harus dilakukan setiap saat. Saat beraktivitas di luar rumah, persiapan berbagai perlengkapan kebersihan terdiri dari membawa hand sanitizer, tissue basah dan tissue kering, serta masker cadangan. Apabila memungkinkan usahakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sesering mungkin. Mencuci tangan sebelum makan, sebelum memulai aktivitas di kantor, sebelum memegang peralatan yang ada. 

2. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

makan-sehat-gizi-seimbang

Pastinya kita familiar dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, namun terkadang kita lupa untuk menerapkannya dalam pola makan sehari-hari. 4 sehat 5 sempurna terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Karbohidrat adalah sumber energi yang tubuh kita butuhkan dalam beraktivitas. Karbohidrat bisa didapat dari nasi, kentang, jagung, sagu, dan umbi-umbian. Protein dalam bentuk lauk pauk dapat berbentuk nabati (kacang-kacangan) dan hewani (telur, daging, ikan). Sayur dan buah merupakan sumber vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin E.

3. Pola Tidur yang Baik

pola-tidur-baik-sehat

Menjaga pola tidur yang baik berandil besar juga dalam mempertahankan kebugaran tubuh di era New Normal. Apabila mengalami kesulitan tidur, kamu dapat rileks mengambil nafas secara panjang selama 5 detik, kemudian hembuskan nafas secara perlahan. Lakukan selama 10 kali atau lebih sampai kamu dapat rileks. Matikan lampu tidur atau redupkan lampu agar suasana mendukung untuk tidur. Jangan terlalu lama melihat gadget karena nanti akan ketagihan melihatnya terus menerus. Pola tidur yang tidak teratur atau tidur yang sedikit dapat membuat tubuh menjadi rentan stress, lebih cepat lelah, dan memicu penyakit lainnya.

4. Tertib Memakai Masker Saat Keluar Rumah

memakai-masker-keluar-rumah

Memakai masker adalah salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menurunkan risiko diri terpapar virus Covid-19. Sebelum memakai masker cuci tangan dengan sabun atau pakai hand sanitizer dahulu agar masker tetap higenis. Begitu juga saat melepaskan masker setelah beraktivitas seharian, cuci tangan dengan sabun atau bersihkan tangan dengan hand sanitizer. Hindari untuk menurunkan masker ke bawah dagu saat ingin makan, lebih baik dilepaskan dulu dan ditaruh ke dalam plastik atau tas.

5. Jaga Jarak Sesuai Protokol New Normal

5-kiat-sehat-beraktivitas-buat-kamu-yang-mager-olahraga

Saat berada di tempat umum, hindari berkumpul dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan yang lainnya. Sebaiknya dalam masa pandemi Covid-19, juga minimalkan untuk mendatangi acara-acara perkumpulan dengan orang banyak. Dirumah aja saat merasa diri sendiri kurang sehat, seperti apabila ada demam dengan suhu yang melebihi 37,5 derajat celcius.

Itu dia 5 kiat sehat beraktivitas buat kamu yang mager olahraga. Gak ada salahnya juga loh kamu sesekali jalan-jalan sore di dekat komplek rumah atau sekedar naik turun tangga di rumah kamu. Pada dasarnya supaya bisa lebih banyak gerak saja karena hari senin hingga jumat sudah dihabiskan dengan bekerja. 

Selanjutnya pasti akan ada artikel-artikel menarik dari Mineola. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

Facebook, Instagram, Pinterest.


5 comments


  • Linda

    Cara menjaga kesehatan atau imun tubuh yg aku lakukan selama pandemi dengan menjaga pola tidur yang teratur, makan yang teratur, konsumsi sayur dan buah tiap hari. Dan aku tambahin buat minum minuman herbal peningkat daya tahan tubuh loh sekali sehari biasanya dipagi hari. Aku sampe rajin bgt beli minuma herbalnya di olshop langgananku krn emang kebukti itu bener2 herbal tanpa campuran apapun 😂 sampe gatau lagi berapa kali repeat ordernya hahaa dan kebukti menjaga daya tahan beneran sih, sampe aku pernah hampir flu trus aku minumin minuman herbal tapi 2 kali sehari pagi hari bangun tidur dan sebelum tidur. Wah bener2 gajadi flu. Bener sih sama sering cuci tangan. Jaga kebersihan yg utama dan pake masker. Sehat selalu semuaaaa 🤗🤗🤗


  • Carlina

    Hi Mineola!!
    Untuk tetap menjaga kesehatan di era new normal ini, aku tetap menjaga pola makan ku, agar tetap mengonsumsi makanan sehat dan tdk terlalu berlemak, dan meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari nya.. walau hanya 30 menit yg penting ada gerak nya .. haha


  • Dewi

    Hi Mineola. Artikelnya pas banget di aku, orangnya mageran dan kebetulan sudah mulai kerja ke kantor. Namanya udah sering pergi keluar, cara jaga kesehatanku di New Normal seperti ini:
    1. Pakai masker saat naik motor dan juga saat di kantor. Walaupun di dalam ruangan juga harus tetap pakai masker supaya saling jaga kesehatan antar karyawan.
    2. Tidak menaruh masker di dagu. Aku lihat banyak dokter sangat tidak menyarankan untuk menurunkan masker di dagu, lebih baik dilepas sekaligus.
    3. Minum vitamin C. Aku suka minum oronamin itu buat jaga kesehatan kalau badan udah mulai agak drop.
    4. Aku kurangi makanan gorengan dan makan sembarangan di pinggir jalan gitu. Soalnya kalau makan gorengan kan bisa bikin batuk dan gampang panas dalam.
    5. Aku pasti mandi kalau habis dari luar rumah, dan bajunya aku langsung taruh di keranjang cucian dongg biar virusnya ga menyebar di dalam rumah.


  • Novalia Putri Ramadhan

    Wah, makasih banget nih @mineola nambah ilmu deh setelah baca artikel nya.
    Aku mau cerita tentang keseharianku pada masa pandemi ini. Pastinya di masa pandemi ini kesehatan nomor 1 dong.
    Kebetulan aku juga lagi di jalanin diet untuk menurunkan badan, jadi pola makan harus bener2 dijaga. Dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan.
    Kedua, udh wajib banget nih buat aku untuk olahraga, itung2 mempercepat penurunan berat badan juga. Olahraga yg sering aku tekunin kaya senam fitnes dan untuk menambah otot aku pake alat olahraga khusus, simple dan gak harus keluar rumah karena emg lagi pandemi.
    Ketiga aku selalu pakai masker klo keluar rumah, ditambah ada denda klo gak pake masker otomatis deh selalu bawa masker.
    Keempat, aku selalu tidur di bawah jam 10,tp klo weekend kadang sampai jam 12 sih hehe.
    Pokonya hampir semua yang ada di artikel mineola aku lakuin.
    Semoga pandemi ini cepat berakhir yah.
    Dan kita semua selalu di beri kesehatan jasmani maupun rohani.
    Aaamiin


  • Andry

    sip


Leave a comment