5 Jenis Lomba 17 Agustus Seru yang Bikin Kangen

5 Jenis Lomba 17 Agustus Seru yang Bikin Kangen

lomba-17-agustus-bikin-kangen

Bagi Bangsa Indonesia, tanggal 17 Agustus adalah tanggal penting karena pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia mengumumkan kemerdekaannya. Sudah lewat 75 tahun Bangsa Indonesia merdeka, tetapi semangat perjuangan Indonesia tetap berkobar di hati masyarakatnya.

Sejak kecil biasanya dalam lingkungan sekitar rumah diadakan lomba 17 Agustus-an bagi anak kecil hingga dewasa. Bila dikenang, kehebohan dan keseruan momen perlombaan masih terpaku, rasanya ingin kembali ke masa itu. Lomba yang diadakan setiap lingkungan pun beragam, namun terdapat lomba-lomba inti yang pasti diadakan. Mineola ingin menggali lagi kenangan tersebut, berikut adalah 5 Jenis Lomba 17 Agustus Seru yang Bikin Kangen:

1. Lomba Makan Kerupuk

lomba-makan-kerupuk-agustus-17
Sumber gambar: Shutterstock

Lomba makan kerupuk digemari oleh anak-anak, remaja maupun yang sudah dewasa. Siapa yang dapat menghabiskan kerupuk yang digantung dalam waktu tercepat akan menjadi pemenangnya. Biasanya kerupuk akan digantung dengan tali dan menyesuaikan dengan tinggi dari pesertanya.

2. Lomba Tarik Tambang

lomba-tarik-tambang-17-agustus
Sumber gambar: Shutterstock

Lomba tarik tambang merupakan ajang adu kekuatan dan ketahanan dua kelompok orang. Peserta yang diadu harus jumlahnya genap dan seimbang dalam hal postur dan bentuk tubuh. Seperti pertandingan laki-laki melawan laki-laki dan pertandingan antar ibu-ibu se-RT.

3. Lomba Balap Karung

balap-karung-goni-17-agustus
Sumber gambar: Shutterstock

Balapan karung adalah lomba siapa yang tercepat mencapai garis finish dengan menggunakan karung goni di kakinya. Peserta harus melompat lompat dengan cepat dan jauh agar dapat menjadi pemenang dalam lomba ini. Lomba balap karung juga dapat melatih kelincahan dan keseimbangan peserta. Lomba ini diadakan sebagai lambang bagaimana perjuangan Bangsa Indonesia dalam melawan kemiskinan di tengah penjajahan. Karena tidak dapat mencukupi kebutuhan sandang, karung goni pun menjadi substitusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Lomba Pindahkan Kelereng

lomba-balap-kelereng-agustus
Sumber gambar: Shutterstock

Lomba pindahkan kelereng ini adalah pertandingan siapa yang dapat memindahkan kelereng dari tempat A ke tempat B menggunakan sebuah sendok. Apabila kelerengnya terjatuh, maka peserta harus mengulang membawa kelerengnya dari titik semula. Lomba ini terinspirasi dari semangat dan fokus Bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya.

5. Lomba Panjat Pinang

panjat-pinang-agustus-17
Sumber gambar: Shutterstock

Lomba panjat pinang ini biasanya menggunakan tiang pinang yang dipanjat sampai atas untuk mengambil hadiah. Hadiah yang disediakan menarik mulai dari uang tunai, elektronik, hingga barang kebutuhan lainnya seperti Indomie. Untuk memanjatnya peserta diberikan tantangan seperti olesan oli atau minyak pada tiang, sehingga licin untuk dipanjat. Panjat pinang ini dahulunya adalah sebuah hiburan pada pernikahan orang Belanda di Indonesia. 

Dari lima lomba 17 Agustus-an di atas, lomba mana yang pernah kamu ikuti atau lomba mana yang kamu suka?

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75! Semoga Bangsa Indonesia dapat terus bersatu, maju, makmur, dan aman sentosa.

Selanjutnya pasti akan ada artikel-artikel menarik dari Mineola. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.

 


Leave a comment