4 Cara Dapatkan Vitamin D yang Cukup Setiap Hari

4 Cara Dapatkan Vitamin D yang Cukup Setiap Hari

4-Cara-Dapatkan-Vitamin-D-yang-Cukup-Setiap-Hari

Masa pandemi Covid-19 seperti ini, semakin populer pentingnya mencukupi segala kebutuhan tubuh, termasuk vitamin. Vitamin yang sekarang sedang dianjurkan untuk dikonsumsi dan didapat adalah vitamin D yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan imun kamu lho, Teman Mineola. Tahukah kamu manfaat vitamin D banyak sekali, diantaranya adalah membantu memelihara kekuatan tulang, membantu melindungi dari infeksi pernapasan, meningkatkan kadar gula darah di tahap yang menyehatkan, mencegah komplikasi kehamilan, dan dapat mengurangi risiko meninggal akibat berbagai jenis kanker. Nah simak yuk, ini 4 cara dapatkan vitamin D yang cukup setiap hari.

1. Fakta Berjemur Sinar matahari

 fakta-berjemur-sinar-matahari-kebutuhan-vitamin-d

Kulit kamu dapat memproduksi vitamin D ketika terkena sinar UV matahari. Namun, ternyata sinar matahari kurang dapat diandalkan untuk dapat menjadi sumber vitamin D. Tidak adanya pedoman resmi bagaimana paparan sinar matahari dan vitamin D bereaksi. Kebutuhan jumlah sinar matahari yang dibutuhkan setiap individu untuk membuat jumlah vitamin D yang cukup tergantung faktor-faktor yang berbeda. Perbedaan lokasi, musim, tingkat kabut asap, penggunaan tabir surya, usia, dan warna kulit setiap individu pasti berbeda.

Risiko kanker kulit yang bisa didapatkan jika kulit kita terlalu banyak terkena sinar matahari. Jadi sebaiknya Teman Mineola gunakan tabir surya (sunscreen) ketika kamu pergi ke luar (atau saat berjemur di pagi hari) dengan minimal SPF 30.

2. Konsumsi Makanan Sumber Vitamin D

konsumsi-makanan-sumber-vitamin-d

Sumber alami terbaik adalah ikan berlemak, seperti trout, salmon, tuna, dan mackerel. Apabila kamu adalah seorang vegetarian atau memiliki alergi terhadap ikan, kamu dapat mengkonsumsi jamur. Jamur dapat membuat vitamin D sendiri setelah terkena sinar matahari. Jika kita manusia menghasilkan bentuk vitamin D yang dikenal sebagai D3 atau cholecalciferol, sedangkan jamur menghasilkan D2 atau ergocalciferol. Kadar vitamin D pada jamur dapat berbeda-beda tergantung varian jamur tersebut.

Selanjutnya adalah mengonsumsi kuning telur. Kuning telur adalah sumber vitamin D lain yang dapat Anda tambahkan dengan mudah ke dalam rutinitas Anda. Seperti banyak sumber makanan alami lainnya, kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang bervariasi.

3. Minuman Sumber Vitamin D

ketahui-minuman-sumber-vitamin-d

Selain makanan yang kaya akan vitamin D, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D melalui minuman yang kamu konsumsi lho. Minuman yang kaya akan vitamin D diantaranya ada susu dan yoghurt. Susu dan yogurt merupakan jenis-jenis minuman yang kaya akan vitamin D.

Kalau Teman Mineola memiliki intoleransi laktosa atau susu, maka kamu bisa mencoba alternatif susu organik atau nabati seperti susu kedelai (soymilk), almond, dan sari biji hemp.

4. Tambahan Suplemen

Cara-dapatkan-vitamin-D-cukup-dengan-suplemen

Ada kalanya kamu tidak dapat melakukan berjemur atau mengkonsumsi makanan dan minuman sumber vitamin D karena kesibukan. Nah, Teman Mineola dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D. Berapa dosis vitamin D yang dibutuhkan per hari oleh tubuh manusia? Pada umumnya, tubuh memerlukan sekitar 600-1.000 IU dosisi vitamin D untuk dikonsumsi. Namun apabila kamu mempunyai masalah kesehatan, kamu dapat membicarakan dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat dan mengurangi risiko efek samping dari vitamin D yang berlebihan.

Itu tadi adalah 4 cara dapatkan vitamin D yang cukup setiap hari. Semoga Teman Mineola tetap sehat dan kita berdoa bersama agar dapat melalui pandemi Covid-19 ini dengan baik yaa.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment