3 Pelajaran Hidup Drama Korea It's Okay Not To Be Okay

3 Pelajaran Hidup Drama Korea It's Okay Not To Be Okay

Drama Korea berjudul It's Okay Not To Be Okay atau juga dikenal dengan nama Psycho But It's Okay banyak digemari para pecinta drakor. Selain karena aktor termahal Kim Soo Hyun juga lawan mainnya, yaitu Seo Ye Ji yang dianggap sebagai body goals nya perempuan. Ada sedikitnya 3 pelajaran hidup drakor It's Okay Not To Be Okay.

It's Okay Not To Be Okay ditayangkan di tvN sebanyak 16 episode setiap Sabtu dan Minggu pukul 21.00. Drama ini bercerita tentang Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) yang bekerja pada RS Psikiatris sebagai perawat dan Go Moon Young (Seo Ye Ji) seorang dengan gangguan kepribadian antisosial yang berprofesi sebagai penulis buku anak-anak.

Sebagai seorang perawat, Moon Kang Tae bertugas untuk mencatat kondisi pasien dan juga bersiap menghadapi situasi tidak terduga, seperti apabila pasien melarikan diri atau membuat keributan. Gaji yang diterima oleh Moon Kang Tae pun tidak main-main besarnya, mencapai USD 1.600 per bulannya. Pengalaman Moon Kang Tae dalam menghadapi orang dengan gangguan psikologis tidak serta merta didapatnya dengan mudah, tetapi dengan merawat kakaknya Moon Sang Tae yang menderita gangguan psikologis.

Go Moon Young walaupun adalah seorang penulis buku anak-anak yang terkenal, tetapi dalam kesehariannya adalah pribadi yang sangat egois, sombong dan kasar. Seo Ye Ji akan bersikap terus terang dan berani dalam memperjuangkan apa yang dia inginkan. Begitu juga dalam hal percintaan, ia lah yang lebih berani dalam mengekspresikan perasaannya terhadap Moon Kang Tae.

Mineola ingin memberikan tiga pelajaran hidup yang bisa diambil dari drakor Its Okay Not To Be Okay. 

1. Penderitaan setiap orang berbeda, stop untuk mengeneralisasi.

oh-ji-wang-its-okay-not-to-be-okay

Direktur RS Psikiatris Oh Ji Wang mengatakan bahwa, "Tidak ada penderitaan yang dapat diremehkan." Penderitaan yang menurut kamu kecil atau tidak berarti bisa menjadi sangat besar bagi orang yang sedang mengalaminya. 

Sering kita mendapati momen curhat yang seharusnya adalah meringankan beban, tetapi malah menambah tekanan dan kekecewaan. Mengetahui bahwa penderitaan yang kita alami adalah sesuatu hal yang kecil, dan orang lain dengan mudah atau menggampangkan kesulitan yang kita miliki adalah sesuatu hal yang membuat diri sendiri merasa lebih buruk lagi.

2. Membahagiakan Diri Sendiri adalah Bentuk Mencintai Diri Sendiri

bahagia-drakor-its-okay-not-to-be-okay

Membahagiakan diri sendiri disini bukan berarti kita berbahagia di atas penderitaan orang lain, juga bukan mengorbankan kepentingan orang sekitar kita demi diri sendiri. Tetapi yang dimaksud disini adalah, terkadang kita lebih mengedepankan kepentingan orang lain dan lupa bagaimana cara untuk bahagia. Kita perlu untuk men-charge diri sendiri untuk bahagia dan setelah itu menyebarkan kebahagiaan kepada orang sekitar.

Bagaimana kita akan membuat orang lain tersenyum, jika diri sendiri terlihat murung. Tentu saja yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan mental. Di tengah kondisi yang serba sulit, apabila memungkinkan ceritakan masalahmu pada orang yang tepat, baik itu sahabat, keluarga ataupun jangan sungkan pergi ke psikolog. Kebahagiaan dan kesehatan mental diri sendiri adalah aset untuk tetap bertahan dan semangat dalam menjalani hidup :)

3. Menikah Berarti Menerima Pasangan Sekaligus dengan Keluarganya

menikah-drakor-its-okay-not-to-be-okay

Perjuangan cinta Go Moon Young dan Moon Kang Tae sempat terhalang karena tidak mendapat restu dari Kakaknya Moon Kang Tae, Moon Sang Tae. Moon Sang Tae beranggapan bahwa Go Moon Young akan mengambil adik satu-satunya dan meninggalkan dirinya sendiri. Tetapi perlahan-lahan Moon Young dan Kang Tae menyakinkan Sang Tae bahwa Moon Young juga akan menerima Sang Tae sebagai keluarganya. 

Begitu juga dengan kehidupan nyata, seringkali calon mertua atau keluarga pasangan sangat mempengaruhi keputusan yang diambil oleh pasangan. Apabila keluarga kita dan pasangan sudah saling menerima, maka perjalanan hubungan pun akan menjadi lebih lancar dan langgeng.

Sekian dulu penjelasan Mineola tentang pelajaran hidup yang bisa diambil dari drakor It's Okay Not To Be Okay. Selanjutnya pasti akan ada artikel-artikel menarik dari Mineola. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

Facebook, Instagram, Pinterest.


1 comment


  • Yunita

    Testing


Leave a comment