3 Masker Organik yang Bisa Kamu Bikin Di Rumah

3 Masker Organik yang Bisa Kamu Bikin Di Rumah

3-Masker-Organik-yang-Bisa-Kamu-Bikin-Di-Rumah

Selama di rumah aja, kita sering stres dan tidur larut yang mengakibatkan kulit wajah dalam kondisi yang kurang sehat. Tanpa kita sadari, di rumah ada banyak produk-produk alami yang beraroma lezat dan bermanfaat luar biasa bagi kulit kita. Contohnya adalah beras, madu, pepaya, alpukat, susu, dan yoghurt yang tadinya kita kira hanya untuk dikonsumsi secara langsung, tetapi bermanfaat juga untuk wajah. Inilah waktunya membuat DIY masker organik wajah dengan bahan alami, yuk simak cara membuat 3 masker organik yang bisa kamu bikin di rumah.

1. Masker kulit kering dan sensitif

DIY Masker ini sangat cocok bagi Teman Mineola yang berkulit kering maupun sensitif dan mudah terkena eksema. Masker ini bisa juga dipakai di area bagian tubuh lain yang sangat kering, seperti telapak kaki dan siku-siku.

Oatmeal mengandung antioksidan dan anti inflamatori sehingga bisa memberikan efek ‘menenangkan’ kulit yang sangat kering. Tekstur oatmeal yang agak kasar bisa menyingkirkan kulit mati. Madu sendiri merupakan properti antibakterial dan bisa melembapkan tanpa membuat kulit berminyak, jadi kulitmu akan terawat dan nggak mudah jerawatan!

Bahan

1 sdm oatmeal
1 sdt madu
1/2 sdt air

Campur semua bahan di mangkuk, lalu oleskan masker ini pada kulit wajah yang sudah bersih. Tunggu selama 15 menit, baru bersihkan.

2. Masker Anti Inflamasi

Tahukah kamu bahan dasar dari skin care yang terkenal mahal, SK-II, terbuat dari air beras? Air beras sudah dipakai untuk skin care selama ratusan tahun. DIY masker wajah atau lebih tepatnya toner ini bisa membantu menenangkan kulit iritasi atau yang mudah menjadi merah.

Bahan

1/2 gelas beras
2 gelas air dingin
Caranya hampir sama dengan memasak nasi, pertama cuci beras dulu kurang lebih 1-2 kali. Lalu masukkan beras di panci, tambahkan air dan masak dengan api ukuran sedang.

Saat air sudah mendidih dan nampaknya beras sudah matang, ambil airnya dan kamu bisa konsumsi nasinya. Taruh air sisa beras di gelas dan diamkan saja sampai dingin.

Tuang air beras di botol kosong sehingga kamu bisa memakainya sebagai toner dengan cara membasahi kapas dengan air beras dan mengoleskannya pada seluruh wajah. Pakai 2x sehari dan simpan sisa air di kulkas.

3. Masker Vitamin Wajah

Kalau mau menggunakannya sebagai masker, kamu bisa membasahi beberapa lembar kapas atau sehelai kain tipis dan memakainya sebagai masker. Diamkan selama 20 menit dan biarkan menyerap.

Alpukat kaya akan minyak alami yang bernutrisi. Alpukat mengandung omega fatty acid yang bisa melembapkan kulit. Oleic acid di dalam alpukat juga bisa menurunkan inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi kerutan.

Selain itu alpukat juga mengandung vitamin A, D, dan E yang bisa menenangkan kulit dan menutrisinya. Banyak banget, kan, manfaatnya bagi kulit?

Bahan

1/2 alpukat
2 sdm madu
Campur seluruh bahan ini sampai halus dan tercampur merata. Lalu, oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Sesudah itu basahi kain yang halus menggunakan air hangat, tutupi wajah dengan kain tersebut, dan pijat-pijat selama 2 menit, lalu bilas kembali memakai air hangat.

Kamu sebenarnya bisa mengoleskan alpukat langsung ke wajah, namun madu ditambahkan untuk efek kelembapan, antiinflamasi serta antifungal. Jadi, maskermu bisa lebih bermanfaat lagi.

 

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest


Leave a comment