3 Cara Mudah Menjaga Persahabatan hingga 10 Tahun

3 Cara Mudah Menjaga Persahabatan hingga 10 Tahun

cara-sahabatan-lama-hingga-10-tahun

Ada pepatah mengatakan, walaupun ada banyak teman yang mengelilingimu, tetapi saat ada masalah hanya sahabatlah yang akan berada di sampingmu. Yap, sahabat adalah seseorang yang berharga. Siapa yang tidak mau memiliki sahabat yang sampai puluhan tahun, bahkan sampai kakek nenek? Mencari sahabat juga tidak mudah, biasanya kita akan bertemu dengan banyak teman dan mencoba berteman dengan mereka. Saat kamu menemukan sahabat, tandanya adalah kamu merasa nyaman dengan orang tersebut, kamu ingin terus bersahabat dengannya dalam jangka waktu yang lama, dan juga kamu terus kontekan dengannya. Maka dari itu Mineola mau membagikan 3 cara mudah menjaga persahabatan dalam jangka waktu yang panjangg, bahkan hingga 10 tahun.

1. Dengarkan Saat Sahabat Curhat

sahabat-mendengarkan-curhat

Apabila sahabatmu membutuhkan kamu sebagai teman curhatnya saat berada dalam kepenatan, hal yang paling mudah sekaligus sulit dilakukan adalah dengan benar-benar mendengarkan apa yang menjadi permasalahannya dan memahami posisi sahabatmu. Kamu bisa mengambil waktu sejenak untuk memikirkan bagaimana jika kamu di posisi sahabatmu saat terkena masalah, dan sambal mendengarkan sesekali mengatakan iya, oh begitu, kenapa, terus gimana, apa yang kamu inginkan, dll. Tidak perlu untuk menghakimi sahabatmu, sekalipun dalam curhatnya, sahabatmu lah yang menyebabkan masalah itu terjadi. Hanya apabila kamu diminta untuk memberikan saran, kamu dapat memberikan saran. Niscaya, sahabat kamu pasti semakin nyaman untuk curhat ke kamu dan juga sahabatmu dengan senang hati mendengarkan curhatmu.

2. Hadir dalam Momen Penting

wisuda-sarjana-master

Bagaimana perasaan kita jika momen penting seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan, saat mengalami sakit dan apabila kedukaan melanda, dihadiri dan mendapat dukungan oleh sahabat dan orang tersayang? Pastinya senang dan merasa dihargai, bukan? Begitu pula halnya dengan sahabat kamu. Saat kamu memberikan surprise di hari ulang tahunnya ataupun sekedar hadir foto-foto dengannya pada hari kelulusannya sangat berarti bagi sahabatmu. Selain kamu bisa mengenang momen dengan sahabatmu, sahabatmu juga bisa merasakan bahwa kamu berada di sisinya bukan hanya saat suka, tetapi juga saat menghadapi hal-hal yang kurang beruntung.

3. Beri Sahabat Ruang

take-your-time

Sahabatmu mungkin memiliki sahabat lain bahkan sebelum bersahabat denganmu. Begitu juga dengan keluarganya juga harus dibagi waktunya. Memberikan sahabatmu ruang untuk menikmati waktunya dengan orang lain dan keluarganya sangat penting dalam menjaga hubungan dengan sahabatmu agar bisa berlangsung lama. Ada waktunya yang akan dihabiskan bersama dengan kamu, tapia da juga waktu yang ia harus berikan kepada yang lain.

Baca juga: Cara Mudah Jaga Persahabatan Hingga 10 Tahun

Dalam curhat pun begitu. Tidak selalu kita adalah orang pertama yang muncul dalam pikirannya saat ia ingin bercerita. Itu adalah hal yang wajar. Awalnya mungkin kita merasa tersaingi dan tidak suka saat kita bukan orang pertama yang tahu masalah sahabat, tetapi cobalah memahami ada situasi dan kondisi yang mungkin kita tidak mengerti kenapa kita baru mengetahui cerita sahabat setelah sekian lama. Mungkin juga dia lupa menceritakan kepada kita, karena terlalu asik membicarakan hal lain.

Pada dasarnya hal yang perlu dilakukan adalah Memahami, Menghadiri, dan Memberikan ruang. 3M itu sangat ampuh dalam menjaga hubungan baik, baik dengan sahabat ataupun dengan calon sahabat kita. Semoga persahabatan kalian bisa awet terus yaa sampai menua bersama dengan sahabatmu.

Ke depannya pasti akan ada artikel-artikel menarik dan insightful lainnya. Jadi subscribe Newsletter Mineola dan ikuti sosial media Mineola yaa.

Subscribe here.

FacebookInstagramPinterest.


Leave a comment